Mengapa Facebook Beli Instagram?

Share on :


facebook+instagramBagi anda penggemar photo sharing instagram, sekarang tambah dimanjakan setelah minggu lalu resmi masuk ke sistem operasi android, kini facebook membuat gebrakan baru dengan menggelontorkan USD1 Miliar atau setara Rp 9,1 Triliun untuk mengakuisisi Instagram, meski aplikasi itu (instagram) tidak menghasilkan banyak uang, raksasa jejaring sosial itu  membuat keputusan yang berhasil menarik banyak perhatian dengan membeli salah satu aplikasi smartphone terpanas saat ini.
Sebagai salah satu aplikasi berbagi foto populer, Instagram tidak membebankan biaya untuk layanannya tersebut dan tidak memiliki sumber penghasilan. Jadi apa untungnya bagi Facebook?
Ada 4 teori mengapa Facebook mengakuisisi Instagram:
1. Facebook bergerak menuju ancaman terbesar: Diungkapkan Nicholas Carlson dari Business Insider, pesaing terbesar Facebook bukanlah sesama raksasa teknologi seperti Google dan Twitter. Daya tarik utama Facebook adalah memungkinkan pengguna untuk berbagi foto, tapi jejaring sosial buknalah tempat termudah untuk berbagi foto dari teman dan keluarga melalui ponsel.
Dalam hal ini, bisa dibilang Instagram ‘membunuh’ Facebook dan tentunya jejaring sosial itu tidak akan membiarkan perlawanan yang terlalu lama. Bahkan kata Lauri Segall dari CNN, mungkin Facebook akan ‘membunuh’ Instagram. Meski begitu, CEO Facebook, Mark Zuckerberg menegaskan bahwa Instagram akan berdiri sendiri.
2. Facebook butuh cara untuk masuk ke pasar smartphone:  Menurut teori lain, dikatakan Evelyn M. Rusli dari New York Times, Facebook tidak akan ‘membunuh’ Instagram saat ini dan membuat pembelian itu menjadikannya pemain tangguh di arena smartphone.
3. Persaingan Facebook dan Yahoo: Bruce Upbin di Forbes mengatakan pecundang terbesar dalam kesepakatan akuisisi Instagram ini adalah Yahoo dengan situs berbagi foto milikinya, Flickr. Facebook hanya mendefinisikan kembali tempatnya di pasar berbagi foto, seperti halnya yang dilakukan Google dengan membeli YouTube.
4. Penguatan sebelum Initial Public Offering (IPO): Kata Douglas MacMillan di Bloomberg, Facebook sedang memperkuat IPO-nya sebelum penjualan saham pertamam yang diharapkan dapat meraup USD5 Miliar dalam beberapa pekan. Selanjutnya, Facebook baru saja membuktikan pada investor bahwa pihaknya memilki jangka panjang dengan menunjukkan kemampuan untuk menarik angka penawaran yang besar.
Facebook Butuh Instagram Untuk Tetap Jadi Raja
Membeli Instagram dikatakan sebagai salah satu strategi Facebook untuk tetap menjadi ‘jantung’ media sosial. Bahkan menurut analis, bukan hanya memastikan tetap menjadi ‘jantung’, tapi juga membuat strategi akuisisi untuk menjaga persaingan.
“Facebook berada di posisi teratas dari tumpukan web sosial. Ada orang lain yang ingin menggulingkan mereka, tapi tak seorang pun memiliki bagian penting. Instagram akan menjadi senjata dalam gudang orang lain,” ujar Valdes, seperti dilansir dari ZDNet, Selasa (10/4/2012).
Sementara itu, berbeda dengan Valdes, peneliti senior Telsyte Sam Yip percaya bahwa Instagram adalah sebuah ancaman bukan hanya karena mencegah aplikasi itu ada ditangan media sosial lain seperti Google dan Twitter. “Ini tentang langkah kompetitif untuk mengambil sebuah raksasa potensial. Google dan Twitter belum pernah menjadi pesaing Facebook,” ujarnya.
Alasan mengapa Instagram begitu kuat, kata Yip, karena aplikasi itu sangat baik untuk berbagi foto dan hal itu menjadi alasan utama untuk menjadi media sosial. “Ini merupakan kesadaran bahwa foto adalah inti dari pengalaman jejaring sosial dan menyadari bahwa ponsel ada di pusat komputasi,” jelas Yip.
“Pikirkan tentang Facebook tanpa foto, itu akan menjadi mengerikan. Itu lah sebabnya mereka (Facebook) perlu memastikan untuk memiliki aplikasi foto terbaik saat ini,” pungkasnya.
(dari berbagai sumber)

Artikel Terkait:

{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }

Tambahkan Komentar Anda

Terimakasih sudah berkomentar dengan baik, sopan dan tidak mengandung spam di Blog, Silahkan Berkomentar Sesuai Artikel.
Maaf, memasukkan link ke dalam komentar akan DIHAPUS.

Regard's
=|| Arsha Wijaya ||=

Free SEO tools
 
Yahoo Messenger
Send Me IM!
Google Plus
Add Me To Your Circle!
Twitter
Follow Me!
Facebook
Add My Facebook

Mari Join

blog-indonesia.com

Komunitas

ASEAN Blogger
Cyber-PML Blog
Copyright 2012 Arsha Wijaya powered by Blogger - All Rights Reserved - Best View Using Nightly Build