'iPhone 5' Rilis Bulan September?

Share on :

Kabar menyebut 'iPhone 5' akan dinamakan iPhone 4G atau iPhone 4S.

Apple dikabarkan siap merilis 'iPhone 5' pada bulan September 2011. Kabar ini didapatkan dari sejumlah penyuplai komponen iPhone di Asia, yang juga telah mempersiapkan iPhone 5 menjadi smartphone generasi terbaru.

Seperti dikutip dari The Guardian, belum diketahui secara pasti nama 'iPhone 5' ini. Sejumlah sumber mengatakan generasi baru iPhone ini akan dinamakan iPhone 4G atau 4S.

Bentuknya diperkirakan masih sama seperti iPhone 4 yang telah rilis pada musim panas tahun lalu. Namun, ada kemungkinan ada tombol pencet (non-sentuh) di sisi ponsel untuk mengatur volume suara.

Kabar juga menyebut, iPhone 5 akan memiliki prosesor A5 dual-core. Ini sama seperti prosesor yang dipasang pada iPad2 yang baru dirilis Maret lalu. Selain itu, iPhone ini akan dilengkapi dengan kamera 8 megapixels (bandingkan dengan 5 megapixels di iPhone 4).

Untuk penyimpanan data (storage), 'iPhone 5' akan dilengkapi dengan iCloud. Data pun bisa disinkronisasi antar-device.

Dengan menggunakan sistem operasi iOS 5 dan iCloud, Apple seakan mewujudkan sebuah perangkat tanpa kabel (cutting the cable) di produknya. Sistem operasi iOS 5 pun bisa diperbarui (update), tanpa menghubungkan kabel ke PC untuk download dari iTunes.

Richard Windsor, analis dari Nomura Securities, berharap versi terbaru iPhone ini memiliki harga yang sama dengan iPhone sebelumnya, yaitu sekitar US$ 600.


Foto Sushi, Jejak Pertama iPhone 5


Foto yang beredar di internet hari ini mungkin sosok pertama iPhone 5. Namun, jangan terlalu berharap dulu karena hanya bayangan kabur di permukaan piring berisi sushi.

Foto sushi inilah yang menguatkan prediksi bahwa iPhone 5 bakal menggunakan kamera 8 megapixel. Foto yang pertama kali dilansir situs web Pocket Now itu diyakini diambil dengan perangkat iPhone generasi baru karena ukuran pixel-nya lebih besar daripada foto yang diambil dengan iPhone 4.

Detail gambarnya sangat tajam. Foto tersebut sudah di-crop menjadi ukuran 2.235 x 2.291 pixel, namun resolusi aslinya 3.264 x 2.448 piksel. Resolusi tersebut untuk rasio 4:3 yang hanya bisa diambil dengan kamera 8 megapixel.

Yang lebih menguatkan lagi, situs This is My Next melaporkan, pengambil foto tersebut adalah seorang insiyur Apple. Foto diambil di kampus Infinite Loop milik Apple di Cupertino, California, AS. sejumlah orang berkomentar bahwa foto tersebut mungkin sengaja disebar Apple sebagai kampanye sebelum iPhone 5 diluncurkan. Sampai saat ini belum ada kepastian kapan smartphone terbaru Apple akan diluncurkan, namun diprediksi 21 Oktober.

Jika dilihat sekilas, tak tampak bayangan berarti di permukaan piring berisi sushi tersebut. Namun, saat foto tersebut diolah dengan teknik yang ekstrim, ternyata terlihat bayangan orang yang memotret. Bayangan orang yang sedang mengarahkan kamera tertangkap dalam foto yang diolah pembaca situs tersebut. Itukah iPhone 5?

iPhone 5 Bakal Dijegal Samsung di Korea Selatan

Perang paten antara Samsung dengan Apple terus berlangsung. Setelah beberapa kali gadget keluaran Samsung mengalami pelarangan beredar di Jerman, Australia dan Belanda, Samsung berusaha menyerang balik. Di Australia Samsung menggugat balik Apple dan dituding melanggar sejumlah paten teknologi nirkabelnya. Kali ini, Samsung juga sedang mengusahakan pelarangan peredaran iPhone 5 di Korea Selatan.

Situs Koreatimes.co.kr melaporkan, Samsung akan segera mengajukan Apple ke pengadilan seketika iPhone 5 dipasarkan di Korea Selatan. iPhone 5 merupakan smartphone buatan Apple yang disebut-sebut akan diluncurkan sekitar bulan Oktober 2011 mendatang. Bahkan ada yang memperkirakan akhir bulan September ini.

Sebenarnya Samsung telah mengubah sedikit strategi mereka agar terhindar dari berbagai tuduhan Apple. Salah satunya adalah mengubah ukuran tablet Samsung Galaxy Tab 10,1 yang dilarang di Jerman dan Australia menjadi 7,7 inchi. Samsung Galaxy Tab 7,7 inchi ini kemudian dipamerkan dalam sebuah pameran gadget di Jerman. Namun demikian, Apple Inc. langsung mengajukan tuntutan ke pengadilan dan sukses untuk meminta pengadilan menurunkan Samsung Galaxy Tab 7,7 dari pameran.

Samsung kemudian mengajukan banding ke pengadilan Jerman dan melakukan gugatan balik terhadap Apple di Australia di mana Samsung Galaxy Tab 10,1 telah dilarang sebelumnya. Menurut Samsung, produk Apple Inc. iPhone 3G, iPhone 3GS, iPhone 4 dan iPad 2 telah melanggar tujuh paten Samsung yang terkait dengan teknologi nirkabel.

Jika Samsung berhasil melarang penjualan iPhone 5 di Korea Selatan hal ini akan berdampak kepada dua operator, yaitu SK Telecom dan KT. Juru bicara KT mengatakan bahwa ia akan menaruh perhatian terhadap perang paten antara Samsung dengan Apple, sedangkan jurubicara SK Telecom tidak mau memberikan komentar.

Courtesy Vivanews & Kompas


Artikel Terkait:

{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }

Tambahkan Komentar Anda

Terimakasih sudah berkomentar dengan baik, sopan dan tidak mengandung spam di Blog, Silahkan Berkomentar Sesuai Artikel.
Maaf, memasukkan link ke dalam komentar akan DIHAPUS.

Regard's
=|| Arsha Wijaya ||=

Free SEO tools
 
Yahoo Messenger
Send Me IM!
Google Plus
Add Me To Your Circle!
Twitter
Follow Me!
Facebook
Add My Facebook

Mari Join

blog-indonesia.com

Komunitas

ASEAN Blogger
Cyber-PML Blog
Copyright 2012 Arsha Wijaya powered by Blogger - All Rights Reserved - Best View Using Nightly Build